Rabu, 10 November 2010

Perubahan Harga Keseimbangan

BAB I
PENDAHULUAN
PERUBAHAN HARGA KESEIMBANGAN
1.1 LATAR BELAKANG
Harga keseimbangan dapat mengalami pergeseran/perubahan yang di-sebabkan oleh pergeseran kurva permintaan dan kurva penawaran.
Dalam makalah ini penulis ingin menampilkan sekelumit permasalahan tentang perubahan harga keseimbangan. Walaupun sederhana, penulis berharap agar makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang permasalahan di atas, dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut :
“Apa yang dimaksud dengan harga keseimbangan dan faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan harga keseimbangan ?”
1.3 MANFAAT DAN TUJUAN PENULISAN
Manfaat dan tujuan kami dalam penulisan makalah ini adalah dapat mengetahui lebih lanjut atau lebih dalam apa yang dimaksud dengan perubahan harga keseimbangan.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 HARGA KESEIMBANGAN
Harga keseimbangan dapat disebut juga harga pasar (equilibrium price) adalah harga yang terjadi apabila jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Bila ditunjukkan dalam bentuk kurva, maka harga keseimbangan merupakan perpotongan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran.
Dalam harga keseimbangan berlaku hukum permintaan dan penawaran yang berbunyi “bila jumlah permintaan lebih besar dari pada jumlah penawaran, maka harga akan naik. Sedangkan jika jumlah penawaran lebih besar dari jumlah permintaan, maka harga akan turun”.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel di bawah ini.
Tabel 1.1 Permintaan dan penawaran suatu barang pada berbagai tingkat harga
Harga Barang
(P) Jumlah Permintaan
(Qd) Jumlah penawaran
(Qs)
Rp. 1000,00
Rp. 3000,00
Rp. 5000,00
Rp. 7000,00
Rp. 9000,00 90 Unit
70 Unit
50 Unit
30 Unit
10 Unit 10 Unit
30 Unit
50 Unit
70 Unit
90 Unit


2.2 PERUBAHAN HARGA KESEIMBANGAN
Faktor yang menyebabkan harga keseimbangan dapat berubah-ubah adalah pergeseran kurva permintaan dan kurva penawaran.
a. Pergeseran kurva permintaan
Harga keseimbangan di pasar pasti akan mengalami pe-rubahan karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi per-mintaan. Pada ke-adaan ini, ceteris paribus tidak berlaku. Perubahan kurva per-mintaan tersebut dapat dapat diuraikan sebagai berikut.
Pergeseran kurva permintaan ke kanan berarti adanya kenaikan jumlah barang yang diminta. Jika penawaran tidak berubah, maka akan mengakibatkan kenaikan harga dan kenaikan jumlah barang yang terjual/terbeli. Sebaliknya pergeseran kurva ke kiri berarti terjadi terjadi penurunan permintaan, sehingga harga barang akan mengalami penurunan





b. Pergeseran kurva penawaran
Pergeseran kurva ke kanan berarti terjadi ke-naikan jumlah barang yang ditawarkan. Jika permin-taan tetap, maka harga akan mengalami penu-runan. Sebaliknya perge-seran kurva penawaran ke kiri berarti terjadi penurunan jumlah penawaran barang, maka harga akan mengalami kenaikan.



BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Harga keseimbangan atau harga pasar dapat berubah sewaktu-waktu yang disebkan oleh pergeseran kurva permintaan dan kurva penawaran
3.2 SARAN
Bagi teman-teman yang belum paham betul tentang perubahan harga ekonomi, ada baiknya kita membaca makalah ini dengan seksama.

0 komentar:

Poskan Komentar